Thursday, July 18, 2019

PENGERTIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Pengertian belajar dan Prestasi Belajar Siswa

Pengertian belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Para pakar pendidikan mengemukakan pengertian belajar ayng berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya, tetapi selalu mengacu pada prinsip yang sama yaitu melakukan proses belajar akan mengalami suatu perubahan dalam dirinya.
Menurut Bell-Gredler (1986 : 1) pengertian belajar adalah proses yang dilakukan adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skill, and attitudes.

Fentana (1981) mendefenisikan pengertian belajar sebagai suatu proses perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman. Sejalan dengan Pendapat Fentana,  Bower dan Hilgard (1981) mengartikan belajar sebagai perubahan perilaku atau potensial individu sebagai hasil dari pengalaman dan perubahan tersebut tidak disebabkan oleh insting, kemalangan atau kelelahan dan kebiasaan.


Lalu apa Pengertian prestasi belajar ? Pengertian Prestasi belajar merujuk pada  suatu istilah yang digunakan untuk menunjuk sesuatu yang dicapai oleh seseorang yang belajar dalam selang waktu tertentu. Kemampuan intelektual siswa sangat menentukan keberhasilan dalam memperoleh prestasi. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya seseorang dalam belajar yang dilakukan, tetapi banyak orang beranggapan bahwa yang dimaksud belajar adalah mencari ilmu dan menuntut ilmu.

Nana Sudjana menjelaskan bahwa Pengertian Prestasi belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Seluruh kecakapan dan segala hal yang diperoleh melalui proses belajar mengajar di sekolah yang dinyatakan angka dan diukur dengan menggunakan tes hasil belajar.

Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan proses, sedang prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Memahami pengertian prestasi belajar secara garis besar harus bertitik tolak pada pengertian belajar itu sendiri.

Pengertian Prestasi belajar menurut Poerwanto (1982 : 28) adalah hasil yang dicapai oleh seseorang dalam belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport. Sejalan dengan pendapat di atas Winkel (1996 : 162) mengatakan bahwa pengertian prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya.

Sedangkan menurut S. Namtien (1996 : 17) prestasi belajar adalah kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berpikir, merasa, dan berbuat. Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi 3 aspek, yaitu: kognitif, efektif, dan psikometer.

Berdasarkan pengertian di atas, bahwa prestasi belajar merupakan tingkat kemampuan yang dimiliki siswa untuk menerima, menolak, dan informasi-informasi belajar mengajar. Prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau raport setiap bidang study setelah mengalami proses belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat diketahui setelah diadakan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan tinggi rendahnya prestasi belajar siswa.

Lalu apa saja Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa ? Setiap prestasi belajar yang diperoleh setiap orang berbeda-beda, hal ini disebabkan adanya faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi hasil belajar, secara umum faktor yang mempengaruhi digolongkan menjadi 2, yaitu :
1)    Faktor Internal
Yang termasuk faktor internal meliputi :
Faktor jasmaniah     
Faktor psikologis ( Intelegensi, minat, bakat, motivasi )
2)    Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar individu (faktor keluarga, sekolah dan masyarakat)

Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Prestasi belajar. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon