![]() |
Pengertian belajar dan Prestasi Belajar Siswa |
Pengertian belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Para pakar pendidikan mengemukakan pengertian belajar ayng berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya, tetapi selalu mengacu pada prinsip yang sama yaitu melakukan proses belajar akan mengalami suatu perubahan dalam dirinya.
Menurut Bell-Gredler (1986 : 1) pengertian belajar adalah proses yang
dilakukan adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka
ragam competencies, skill, and attitudes.
Fentana (1981) mendefenisikan pengertian belajar sebagai suatu proses
perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari
pengalaman. Sejalan dengan Pendapat Fentana,
Bower dan Hilgard (1981) mengartikan belajar sebagai perubahan perilaku
atau potensial individu sebagai hasil dari pengalaman dan perubahan tersebut
tidak disebabkan oleh insting, kemalangan atau kelelahan dan kebiasaan.
Lalu apa Pengertian prestasi belajar ? Pengertian Prestasi belajar merujuk
pada suatu istilah yang digunakan untuk
menunjuk sesuatu yang dicapai oleh seseorang yang belajar dalam selang waktu
tertentu. Kemampuan intelektual siswa sangat menentukan keberhasilan dalam
memperoleh prestasi. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya seseorang dalam
belajar yang dilakukan, tetapi banyak orang beranggapan bahwa yang dimaksud
belajar adalah mencari ilmu dan menuntut ilmu.
Nana Sudjana menjelaskan bahwa Pengertian Prestasi belajar adalah
kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.
Seluruh kecakapan dan segala hal yang diperoleh melalui proses belajar mengajar
di sekolah yang dinyatakan angka dan diukur dengan menggunakan tes hasil
belajar.
Prestasi belajar merupakan hal yang tidak
dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan proses, sedang prestasi
merupakan hasil dari proses belajar. Memahami pengertian prestasi belajar
secara garis besar harus bertitik tolak pada pengertian belajar itu sendiri.
Pengertian
Prestasi belajar
menurut Poerwanto (1982 : 28) adalah hasil yang dicapai oleh seseorang dalam
belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport. Sejalan dengan pendapat di
atas Winkel (1996 : 162) mengatakan bahwa pengertian prestasi belajar adalah
suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan
kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya.
Sedangkan menurut S. Namtien (1996 : 17)
prestasi belajar adalah kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berpikir,
merasa, dan berbuat. Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi 3
aspek, yaitu: kognitif, efektif, dan psikometer.
Berdasarkan pengertian di atas, bahwa
prestasi belajar merupakan tingkat kemampuan yang dimiliki siswa untuk
menerima, menolak, dan informasi-informasi belajar mengajar. Prestasi belajar
seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi
pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau raport setiap bidang study
setelah mengalami proses belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat
diketahui setelah diadakan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan tinggi
rendahnya prestasi belajar siswa.
Lalu apa saja Faktor-faktor Yang
Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa ? Setiap prestasi belajar yang diperoleh
setiap orang berbeda-beda, hal ini disebabkan adanya faktor-faktor tertentu
yang dapat mempengaruhi hasil belajar, secara umum faktor yang mempengaruhi
digolongkan menjadi 2, yaitu :
1)
Faktor
Internal
Yang termasuk faktor
internal meliputi :
Faktor
jasmaniah
Faktor psikologis (
Intelegensi, minat, bakat, motivasi )
2)
Faktor
Eksternal
Faktor eksternal
adalah faktor yang berasal dari luar individu (faktor keluarga, sekolah dan
masyarakat)
Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Prestasi belajar. Semoga ada
manfaatnya, terima kasih.
No comments