Ektrakurikuler Pramuka dalam Kurikulum 2013. Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan dalam konteks Kurikulum
2013, pada dasarnya berwujud proses aktualisasi dan penguatan capaian
pembelajaran Kurikulum 2013, ranah sikap dalam bingkai KI-1, KI-2, dan ranah
keterampilan dalam KI-4, sepanjang yang bersifat konsisten dan koheren dengan
sikap dan kecakapan Kepramukaan. Dengan demikian terjadi proses saling
interaktif dan saling menguatkan (mutually
interactive and reinforcing.)
A. Model Penerapan Ektrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan
Ektrakurikuler
Wajib Pendidikan Kepramukaan diorganisasikan daalam Model sebagai berikut.
EKTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013 |
Secara
rinci untuk masing-masing model dapat dideskripsikan sebagai berikut.
1.
Model
Blok memiliki karakteristik sebagai berikut.
a.
Diikuti
oleh seluruh siswa.
b.
Dilaksanakan
pada setiap awal tahun pelajaran.
c.
Untuk
kelas I, kelas VII dan kelas X diintegrasikan di dalam asa Pengenalan
Lingkungan Sekolah (MPLS).
d.
Untuk
SD/MI dilaksanakan selama 18 Jam, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan
selama 36 Jam.
e.
Penanggungjawab
kegiatan adalah Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus.
f.
Pembina
kegiatan adalah Guru Kelas /Guru Matapelajaran selaku Pembina Pramuka dan/atau
Pembina Pramuka serta dapat dibantu oleh Pembantu Pembina (Instruktur
Muda/Instruktur Pramuka)
2.
Model
Aktualisasi memiliki karakteristik sebagai berikut.
a. Diikuti oleh seluruh siswa.
b. Dilaksanakan setiap satu minggu satu
kali.
c. Setiap satu kali kegiatan
dilaksanakan selama 120 menit.
d. Kegiatan Aktualisasi merupakan
kegiatan Latihan Ekstrakurikuler Pramuka.
B. Muatan Nilai Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013
Sesuai dengan
landasan filosofis dan kerangka dasarnya, Kurikulum 2013 memiliki karakteristik
mengandung muatan sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan yang sangat signifikan.
Muatan sikap dan keterampilan dikemas secara generik dalam KI-1, KI-2, dan KI-4.
Masing-masing Muatan
Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum
2013 adalah sebagai berikut.
1. Beriman
2. Kebhinneka-tunggalikaan
3. Toleransi
4. Kebersamaan
5. Syukur
6. Disiplin
7. Tanggung-jawab
8. Percaya
diri
9. Berani
10. Cinta
tanah air
11. Pemaaf
12. Jujur
13. Ksatria
14. Rela
berkorban
15. Teladan
16. Sadar
kewajiban dan hak
17. Demokratis
|
18. Cakap
19. Peduli
20. SantunKritis
21. Sopan
22. Cekatan
23. Peka
24. Tanggap
25. Komunikatif
26. Mandiri
27. Cermat
28. Taat
aturan
29. Rasa
ingin tahu
30. Pantang
menyerah
31. Berpikir
logis
32. Kreatif
33. Inovatif
34. Produktif
35. Menghargai
|
36. Ilmiah
37. Tekun
38. Hati-hati
39. Terbuka
40. Bijaksana
41. Bersahaja
42. Rasa
kebangsaan
43. Estetis
44. Gotong-royong
45. Partisipatif
46. Imajinatif
47. Citra
diri
48. Sadar
bahaya
49. Kerjasama
50. Sadar
51. Berbagi
52. Sportif
53. Cinta
tradisi
|
C. Muatan Nilai Sikap dan Kecakapan Pendidikan Kepramukaan
Muatan Nilai Sikap
dan Kecakapan Pendidikan Kepramukaanyang
terkandung dan dikembangkan dalam sebagai berikut:
1.
Keimanan kepada Tuhan YME
2.
Ketakwaan kepada Tuhan YME
3.
Kecintaan pada alam
4.
Kecintaan kepada sesama manusia
5.
Kecintaan kepada tanah air
Indonesia
6.
Kecintaan kepada bangsa
Indonesia
7.
Kedisiplinan
8.
Keberanian
9.
Kesetiaan
10.
Tolong menolong
|
11.
Bertanggungjawab
12.
Dapat dipercaya
13.
Jernih dalam berpikir
14.
Jernih dalam berkata
15.
Jernih dalam berbuat
16.
Hemat
17.
Cermat
18.
Bersahaja
19.
Rajin
20.
Terampil
|
D. Pola dan Rincian Kegiatan Kepramukaan
1.
Pola
Kegiatan Kepramukaan adalah sebagai berikut.
a. Upacara pembukaan dan penutupan :
· Perindukan Siaga
· Pasukan Penggalang
· Ambalan Penegak
b. Keterampilan Kepramukaan(Scouting Skill)
· Pioneering (Simpul dan Ikatan)
· Mountenering (Mendaki Gunung)
· Orientering (Peta dan Kompas)
· Camping (Berkemah)
· Wirausaha
· Belanegara
· Teknologi
· Komunikasi
Catatan: Disesuaikan
dengan kondisi di sekolah masing-masing
2.
Rincian
kegiatan Kepramukaanmeliputi :
· Berbaris
· Memimpin
· Berdoa
· Janji
· Memberi hormat
· Pengarahan
· Refleksi
· Dinamika kelompok
· Permainan
· Menghargai teman
· Berkomunikasi
· Menolong
|
· Berempati
· Bersikap adil
· Cakap berbicara
· Cakap motorik
· Kepempinan
· Konsentrasi
· Sportivitas
· Simpul dan ikatan,
· tanda jejak,
· sandi dan isyarat,
· jelajah
· peta
|
· kompas
· memasak
· tenda
· PPGD
· KIM
· menaksir
· halang rintang
· TTG
· bakti
· lomba
· hastakarya
|
E. Metoda dan Teknik Penerapan Pendidikan Kepramukaan
1.
Metode
Pendidikan Kepramukaanmencakup:
a. Pengenalan dan pengamalan kode
kehormatan Pramuka
b. Belajar sambil melakukan (Learning By
Doing)
c. System kelompok (beregu)
d. Kegiatan di alam terbuka yg
mengandung pendidikan yg sesuai dengan perkembangan rohani & jasmani
peserta didik.
e. Kemitraan dengan anggota Dewasa
f.
System
tanda kecakapan
g. System
satuan terpisah putra dan putri
h. Kiasan dasar
2.
Teknik
Penerapan Pendidikan Kepramukaanmencakup:
a. Praktik Langsung
b. Permainan
c. Perjalanan
d. Diskusi
e. Produktif
f.
Lagu
g. Gerak
h. Widya Wisata
i.
Simulasi
j.
Napak
Tilas
F. Penilaian Pendidikan Kepramukaan
1.
Penilaian Pendidikan Kepramukaanmencakup
hal-hal sebagai berikut:
a. Penilaian dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
b.
Peserta didik diwajibkan untuk mendapatkan nilai baik pada kegiatan ekstrakurikuler wajib pada setiap semester.
c. Nilai yang
diperoleh pada kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaanberpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta
didik.
d.
Nilai di bawah memuaskan dalam dua semester atau satu tahun memberikan
sanksi bahwa peserta didik tersebut harus mengikuti program khusus yang
diselenggarakan bagi mereka (Modifikasi Prilaku)
e. Kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses
dan keikutsertaan peserta didikdalam kegiatan ekstrakurikuler yang
dipilihnya.
2.
Media Penilaian:
a.
Jurnal/Buka
Harian
b.
Portofolio
c. Tanda-tanda
pencapaian kecakapan atau perilaku baik
3.
Teknik Penilaian:
a. Observasi
b. Keterampilan
Kepramukaan
c.
Partisipasi
4.
Proses penilaian:
a.
Proses
penilaian dilaksanakan setiap kali latihan dan setiap hari di dalam proses
pembelajaran.
b.
Proses
penilaian dilaksanakan dengan metode Observasi dan Partisipasi.
c.
Proses
penilaian Keterampilan Kepramukaan disesuaikan dengan Kompetensi Dasar dari
masing-masing Tema dan Matapelajaran. sebagai penguatan yang bermuatan Nilai
Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013.
d.
Proses
Penilaian dilakukan oleh Teman, Guru Kelas/Guru Matapelajaran, Pemangku Kegiatan
dan/atau Pembina Pramuka.
e.
Rekapitulasi
Penilaian dilakukan oleh Guru Kelas/Guru Matapelajaran selaku Pembina Pramuka.
EmoticonEmoticon