Sunday, July 14, 2019

EKTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013

Ektrakurikuler Pramuka dalam Kurikulum 2013. Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan dalam konteks Kurikulum 2013, pada dasarnya berwujud proses aktualisasi dan penguatan capaian pembelajaran Kurikulum 2013, ranah sikap dalam bingkai KI-1, KI-2, dan ranah keterampilan dalam KI-4, sepanjang yang bersifat konsisten dan koheren dengan sikap dan kecakapan Kepramukaan. Dengan demikian terjadi proses saling interaktif dan saling menguatkan (mutually interactive and reinforcing.)

A.    Model Penerapan Ektrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan

Ektrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan diorganisasikan daalam Model sebagai berikut.

EKTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013


Secara rinci untuk masing-masing model dapat dideskripsikan sebagai berikut.

1.     Model Blok memiliki karakteristik sebagai berikut.
a.  Diikuti oleh seluruh siswa.
b.  Dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran.
c.  Untuk kelas I, kelas VII dan kelas X diintegrasikan di dalam asa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
d.  Untuk SD/MI dilaksanakan selama 18 Jam, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan selama 36 Jam.
e.  Penanggungjawab kegiatan adalah Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus.
f.   Pembina kegiatan adalah Guru Kelas /Guru Matapelajaran selaku Pembina Pramuka dan/atau Pembina Pramuka serta dapat dibantu oleh Pembantu Pembina (Instruktur Muda/Instruktur Pramuka)

2.     Model Aktualisasi memiliki karakteristik sebagai berikut.
a.  Diikuti oleh seluruh siswa.
b.  Dilaksanakan setiap satu minggu satu kali.
c.  Setiap satu kali kegiatan dilaksanakan selama 120 menit.
d.  Kegiatan Aktualisasi merupakan kegiatan Latihan Ekstrakurikuler Pramuka.

B.    Muatan Nilai Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013

Sesuai dengan landasan filosofis dan kerangka dasarnya, Kurikulum 2013 memiliki karakteristik mengandung muatan sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan yang sangat signifikan. Muatan sikap dan keterampilan dikemas secara generik dalam KI-1, KI-2, dan KI-4.

Masing-masing Muatan Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.

1.     Beriman
2.     Kebhinneka-tunggalikaan
3.     Toleransi
4.     Kebersamaan
5.     Syukur
6.     Disiplin
7.     Tanggung-jawab
8.     Percaya diri
9.     Berani
10. Cinta tanah air
11. Pemaaf
12. Jujur
13. Ksatria
14. Rela berkorban
15. Teladan
16. Sadar kewajiban dan hak
17. Demokratis
18. Cakap
19. Peduli
20. SantunKritis
21. Sopan
22. Cekatan
23. Peka
24. Tanggap
25. Komunikatif
26. Mandiri
27. Cermat
28. Taat aturan
29. Rasa ingin tahu
30. Pantang menyerah
31. Berpikir logis
32. Kreatif
33. Inovatif
34. Produktif
35. Menghargai
36. Ilmiah
37. Tekun
38. Hati-hati
39. Terbuka
40. Bijaksana
41. Bersahaja
42. Rasa kebangsaan
43. Estetis
44. Gotong-royong
45. Partisipatif
46. Imajinatif
47. Citra diri
48. Sadar bahaya
49. Kerjasama
50. Sadar
51. Berbagi
52. Sportif
53. Cinta tradisi

C.    Muatan Nilai Sikap dan Kecakapan Pendidikan Kepramukaan

Muatan Nilai Sikap dan Kecakapan Pendidikan Kepramukaanyang terkandung dan dikembangkan dalam sebagai berikut:

1.    Keimanan kepada Tuhan YME
2.    Ketakwaan kepada Tuhan YME
3.    Kecintaan pada alam
4.    Kecintaan kepada sesama manusia
5.    Kecintaan kepada tanah air Indonesia
6.    Kecintaan kepada bangsa Indonesia
7.    Kedisiplinan
8.    Keberanian
9.    Kesetiaan
10. Tolong menolong
11. Bertanggungjawab
12. Dapat dipercaya
13. Jernih dalam berpikir
14. Jernih dalam berkata
15. Jernih dalam berbuat
16. Hemat
17. Cermat
18. Bersahaja
19. Rajin
20. Terampil

D.    Pola dan Rincian Kegiatan Kepramukaan

1.     Pola Kegiatan Kepramukaan adalah sebagai berikut.

a.  Upacara pembukaan dan penutupan :
·      Perindukan Siaga
·      Pasukan Penggalang
·      Ambalan Penegak
b.  Keterampilan Kepramukaan(Scouting Skill)
·      Pioneering (Simpul dan Ikatan)
·      Mountenering (Mendaki Gunung)
·      Orientering (Peta dan Kompas)
·      Camping (Berkemah)
·      Wirausaha
·      Belanegara
·      Teknologi
·      Komunikasi

Catatan: Disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing

2.     Rincian kegiatan Kepramukaanmeliputi :

·      Berbaris
·      Memimpin
·      Berdoa
·      Janji
·      Memberi hormat
·      Pengarahan
·      Refleksi
·      Dinamika kelompok
·      Permainan
·      Menghargai teman
·      Berkomunikasi
·      Menolong
·      Berempati
·      Bersikap adil
·      Cakap berbicara
·      Cakap motorik
·      Kepempinan
·      Konsentrasi
·      Sportivitas
·      Simpul dan ikatan,
·      tanda jejak,
·      sandi dan isyarat,
·      jelajah
·      peta
·      kompas
·      memasak
·      tenda
·      PPGD
·      KIM
·      menaksir
·      halang rintang
·      TTG
·      bakti
·      lomba
·      hastakarya

E.    Metoda dan Teknik Penerapan Pendidikan Kepramukaan

1.     Metode Pendidikan Kepramukaanmencakup:

a.  Pengenalan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka
b.  Belajar sambil melakukan (Learning By Doing)
c.  System kelompok (beregu)
d.  Kegiatan di alam terbuka yg mengandung pendidikan yg sesuai dengan perkembangan rohani & jasmani peserta didik.
e.  Kemitraan dengan anggota Dewasa
f.   System tanda kecakapan
g.  System satuan terpisah putra dan putri
h. Kiasan dasar

2.     Teknik Penerapan Pendidikan Kepramukaanmencakup:

a.  Praktik Langsung
b.  Permainan
c.  Perjalanan
d.  Diskusi
e.  Produktif
f.   Lagu
g.  Gerak
h. Widya Wisata
i.   Simulasi
j.   Napak Tilas

F.     Penilaian Pendidikan Kepramukaan

1.     Penilaian Pendidikan Kepramukaanmencakup hal-hal sebagai berikut:

a.  Penilaian dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
b.  Peserta didik diwajibkan untuk mendapatkan nilai baik pada kegiatan ekstrakurikuler wajib pada setiap semester.
c.  Nilai yang diperoleh pada kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaanberpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
d.  Nilai di bawah memuaskan dalam dua semester atau satu tahun memberikan sanksi bahwa peserta didik tersebut harus mengikuti program khusus yang diselenggarakan bagi mereka (Modifikasi Prilaku)
e.  Kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didikdalam kegiatan ekstrakurikuler yang dipilihnya.

2.     Media Penilaian:

a.  Jurnal/Buka Harian
b.  Portofolio
c.  Tanda-tanda pencapaian kecakapan atau perilaku baik

3.     Teknik Penilaian:

a.  Observasi
b.  Keterampilan Kepramukaan
c.  Partisipasi

4.     Proses penilaian:  

a.  Proses penilaian dilaksanakan setiap kali latihan dan setiap hari di dalam proses pembelajaran.
b.  Proses penilaian dilaksanakan dengan metode Observasi dan Partisipasi.
c.  Proses penilaian Keterampilan Kepramukaan disesuaikan dengan Kompetensi Dasar dari masing-masing Tema dan Matapelajaran. sebagai penguatan yang bermuatan Nilai Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013.
d.  Proses Penilaian dilakukan oleh Teman, Guru Kelas/Guru Matapelajaran, Pemangku Kegiatan dan/atau Pembina Pramuka.
e.  Rekapitulasi Penilaian dilakukan oleh Guru Kelas/Guru Matapelajaran selaku Pembina Pramuka.








= Baca Juga =



Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon