![]() |
PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE PEMBELAJARAN |
Perbedaan Pendekatan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Seorang guru pasti sudah tidak asing dengan istilah Pendekatan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Namun tidak sedikit guru yang sulit membedakan antara Pendekatan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Untuk mengetahui Pendekatan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran mari kita simak penjelasan singkat berikut ini.
1. Pendekatan Pembelajaran
Menurut
T. Raka Joni ( 1991: 81 ), pendekatan mengandung arti yaitu cara umum dalam
memandang permasalahan atau objek kajian, sehingga berdampak. Ibarat seseorang
yang memakai kaca mata dengan warna tertentu di dalam memandang alam sekitar. Contoh
: pendekatan ekonomis dalam memandang permasalahan pendidikan akan menyebabkan
hampir semua pengkajian dibawa kedalam
terminologi investasi dan hasil usaha. Pendekatan CBSA dalam memandang proses
pembelajaran, selalu siswa yang menjadi orientasi setiap kegiatan belajar (siswa
harus aktif ). Pendekatan PAKEM menunjuk pada pendekatan pembelajaran yang
ditinjau dari segi proses. Sedangkan pembelajaran
TEMATIK dan TERPADU, menunjuk pada pendekatan pembelajaran ditinjau dari segi
materi yang hendak disajikan pada
peserta didik.Ketepatan guru dalam pemilihan suatu pendekatan pembelajaran,
akan menjadi pedoman atau orientasi dalam pemilihan komponen kegiatan
pembelajaran lainnya, terutama strategi dan metode pembelajaran. Untuk itu
pendekatan dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai acuan
pengorganisasian bahan ajar yang akan
dipelajari oleh peserta didik selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran menunjukkan
bagaimana upaya guru dalam memfasilitasi peserta didik dalam mewujudkan
ketercapaian kompetensi yang diharapkan. Keterlaksanaan proses pembelajaran ini
mencerminkan kondisi yang dibangun guru dengan memanfaatkan berbagai strategi,
metode, media, dan sumber belajar terpilih dalam tahapan kegiatan pembelajaran
yang sistematis.
2. Strategi Pembelajaran
Menurut
T. Raka Joni ( 1991: 83 ), strategi adalah ilmu dan kiat dalam memanfaatkan
segala sumber yang dimiliki atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan. Strategi menunjukkan langkah – langkah kegiatan atau prosedur yang digunakan dalam menyajikan
bahan ajar untuk mencapai tujuan,
kompetensi, dan hasil belajar. Suatu strategi dipilih untuk melaksanakan
metode – metode pembelajaran terpilih.
Ketepatan
dalam memilih strategi, sangat memungkinkan keterlaksanaan metode - metode
terpilih yang dapat mewujudkan kondisi pembelajaran untuk mewujudkan hasil belajar yang diharapkan. Dengan
demikian, strategi merupakan komponen pembelajaran yang memungkinkan
terlaksananya metode – metode terpilih untuk menyajikan bahan ajar selama
kegiatan pembelajaran.
Atwi
Suparman ( 1996 : 61 ), menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berkenaan dengan
pendekatan dalam mengelola kegiatan untuk menyampaikan materi ajar secara
sistematis, sehingga kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai peserta didik
secara efektif dan efisien.
3. Metode Pembelajaran
Metode,
menurut Fred Percival dan Henry Ellington ( 1994 :55 ), adalah cara yang
umum untuk menyampaikan pelajaran kepada
peserta didik atau mempraktekan teori
yang telah dipelajari dalam rangka mencapai tujuan belajar.
J.E
Kemp( 1994: 65 ), menggunakan metode untuk mengelompokkan pola mengajar dan
belajar, yaitu klasikal, mandiri, dan interaksi guru dan peserta didik atau
pengajaran kelompok. Dengan demikian, metode berhubungan dengan cara yang
memungkinkan peserta didik memperoleh kemudahan dalam rangka mempelajari bahan
ajar yang disampaikan oleh guru. Ketepatan dalam memilih metode sangat
berpeluang bagi terciptanya kondisi pembelajaran yang kondusif, menyenangkan,
sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien
dalam memfasilitasi peserta didik untuk dapat meraih hasil belajar sesuai yang
diharapkan. Dengan demikian metode merupakan suatu komponen yang sangat
menentukan terciptanya kondisi selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
Demikian penjelasan singkat tentang Pendekatan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran,
dan Metode Pembelajaran. Semoga ada manfaatnya guna peningkatan kompetensi
guru khusus di bidang paedogik.
No comments