![]() |
CONTOH PROGRAM KERJA PERPUSATAKAAN SEKOLAH |
Berikut ini contoh
Program Kerja Perpusatakaan Sekolah atau Program Kerja Kepala Perpusatakaan
Sekolah atau Program Kerja Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala
Perpusatakaan Sekolah
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kita semua menyadari bahwa kemajuan suatu bangsa amat bergantung
pada kualitas sumber daya manusianya. Demikian pula dalam upaya mewujudkan
masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi tidak bisa lepas dari pendidikan.
Kegiatan memajukan pendidikan diIndonesia telah dilakukan antara lain melalui
peningkatan pendidikan yang diwujudkan dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pasal 1 menyebutkan, bahwa
pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Salah satu sarana dalam menunjang proses belajar dan mengajar di
sekolah adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah dewasa ini bukan hanya
merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan
wawasan bagi murid, tapi juga merupakan bagian yang integral pembelajaran.
Artinya, penyelenggaraan perpustakaan sekolah harus sejalan dengan visi dan
misi sekolah dengan mengadakan bahan bacaan bermutu yang sesuai kurikulum,
menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi, dan kegiatan
penunjang lain, misalnya berkaitan dengan peristiwa penting yang diperingati di
sekolah.
Perpustakaan ialah wadah bagi siswa, guru, dan warga sekolah
lainnya yang bermanfaat memperkaya ilmu pengetahuan masing-masing individu. Perpustakaan
sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan
proses pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya
tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta
didik mampu mencarai, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa
belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
1.2 Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Pemenrintah Republik Indonesia Nomor
19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang
Perpustakaan;
4. Standar Nasional Indonesia Bidang Perpustakaan
dan Kepustakawan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Tahun 2011;
5. Standar Nasional Perpustakaan (SNP) yang
dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Tahun 2011;
6. Standar perpustakaan sekolah tingkat
Internasional seperti Pedoman Perpustakaan Sekolah yang dikeluarkan oleh
IFLA/UNESCO Tahun 2006.
7. SK Pembagian Tugas Dari Kepala Sekolah Nomor 423/118.Kur/SMPN1/2015.
1.3 Tujuan
Program kerja perpustakaan dibuat dengan tujuan
sebagai pedoman yang dapat mengarahkan, membantu proses belajar
mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan dan para
peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang
dipelajari.
1.4 Visi
dan Misi
Visi
Terciptanya layanan prima terhaap siswa untuk
gemar berkunjung dan membaca di perpustakaan. Sehingga terciptanya siswa
berprestasi berwawasan lingkungan, berdasarkan iman dan takwa.
Misi
1. Menjadikan
perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan di sekolah
2. Memberikan
pelayanan yang baik, santun, dan ramah
3. Menjadikan
perpustakaan sebagai tempat belajar yang menyenangkan
BAB II
KERANGKA TEORI
Terwujudnya
perpustakaan sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna di sekolah, menjadi
pusat kegiatan belajar mengajar, dan terbinanya anak didik menjadi gemar
membaca, dan terbiasa membaca mendidik memutuskan agar memelihara dan
memanfaatkan bahan perpustakaan secara tepat guna dan berhasil guna.
BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM
3.1
Struktur Organisasi
Struktur
organisasi erlampir
3.2 Uraian Tugas
3.2.1 Pembina / Penanggung Jawab :
a. Bertanggung jawab
secara umum agar Perpustakaan dapat berdaya guna dan berhasil guna sesuai
dengan Undang-undang No.2 Tahun 1989 Pasal 3 tentang Penyelenggaraan
Pendidikan.
b. Memberikan pembinaan
melalui kursus-kursus atau mengikutsertakan Petugas Perpustakaan dalam
Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan
Daerah untuk meningkatkan Skill petugas perpustakaan.
c. Mengalokasikan Dana
Perpustakaan untuk :
· Perbaikan sarana / ruang Perpustakaan.
· Menambah Koleksi buku-buku Perpustakaan.
· Meningkatkan Kesejahteraan Petugas Perpustakaan.
3.2.2 Koordinator :
a. Sebagai Koordinator
Perpustakaan bertugas :
· Membuat Program Perpustakaan baik jangka pendek,
menengah dan jangka panjang.
· Mengadakan kerjasama dengan Pustakaan Umum baik
Kabupaten, Propinsi atau nasional dan Perpustakaan Sekolah lainnya.
· Membuat Laporan Penanggungjawaban Pelaksanaan
Perpustakaan setiap tahunnya.
b.
Sebagai Bagian Pengadaan Bahan Pustaka, bertugas :
· Menyusun rencana pengadaan bahan-bahan pustaka.
· Mengadakan pembelian bahan-bahan pustaka.
· Mengajukan permohonan penambahan buku baik ke
perpustakaan maupun dinas pendidikan.
c. Sebagai Bagian
Pengolahan Bahan Pustaka, bertugas :
· Membuat Buku Induk Perpustakaan.
· Mengklasifikasi Bahan Pustaka.
· Membuat katalogisasi Bahan Pustaka.
· Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam dan Buku
yang Dipinjam.
· Membuat Pelayanan Informasi.
3.2.3 Bagian Pelayanan :
a. Melayani pengguna
Perpustakaan baik peminjam / pengunjung / pembaca perpustakaan.
b. Menyusun bahan
pustaka agar sesuai dengan kelasnya.
c. Menghitung jumlah
Pengunjung / Pembaca / Peminjam Buku Perpustakaan setiap hari.
d. Mendata keluar
masuknya Koran / Majalah.
e. Membuat Buku Induk
Anggota.
f. Menyusun Buku sesuai
dengan Klasifikasinya.
g. Pengecapan,
penyampulan buku Perpustakaan.
h. Merapikan dan
membersihkan ruang Perpustakaan.
i. Membantu bagian
Pelayanan.
3.2.4 Kerja Rutin Harian :
a. Memberi stempel pada
buku-buku yang baru.
b. Mengklasifikasi buku.
c. Memasang Label Buku.
d. Memasang kantong buku
dan kartu buku.
e. Memasang Slip
Pengembalian.
f. Memasang sampul buku.
g. Menginventarisasikan
di Buku Induk.
h. Mengisi Buku
Pengolahan Katalogisasi Deskripsi.
i. Membuat Katalogisasi.
j. Memasukaan buku pada
rak, almari yang telah ditentukan menurut Sistem DDC.
k. Mencatat Statistik
Harian.
l. Melayani Sirkulasi
Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Perpustakaan.
m. Merawat buku-buku
yang rusak dan penjilidan.
n. Mengarsip Soal-soal
Ulangan Umum Semester I dan II.
o. Mengarsip Soal-soal
Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
p. Mengarsip Karya Tulis
siswa.
q. Mengarsip Kliping
Siswa.
3.3 Rencana Pengembangan Program
3.3.1 Pengembangan Fisik
1.
Gedung
Tahun
|
Yang sudah dilaksanakan
|
2017
|
- Perbaikan lantai (Karpet
- Pengecetan
|
2018
|
2.
Isi Gedung
-
Tempat baca
-
Rak buku
-
Lemari buku
-
2 Komputer
-
AC
3.
Buku
- KBBI
sebanyak 10 buah
-
Kamus Bahasa Inggris sebanyak 20 buah
-
Kamus Bahasa Sunda sebanyak 20 buah
-
Buku Fiksi sebanyak 100 judul buku
4. Personalia
- Personalia sebanyak
1 orang dengan kompetensi D2 Perpustakaan
5. Bimbingan Pustakawan
- Membuat kartu buku
- Memperbaiki buku yang rusak
6.
Promosi Buku
- Mengadakan
lomba membaca cerita
-
Memberikan pengumuman bahwa di perpustakaan ada buku bacaan yang bagus-bagus
3.4
Hasil Evaluasi
3.4.1. Data Statistik
Perpustakaan
DATA STATISTIK PERPUSTAKAAN SMP NEGERI ---------------------------
TAHUN PELAJARAN 2016/2017 dan 2017/2018
A. Data Pengunjung Dalam 2
Tahun Terakhir.
BULAN
|
2016/2017
|
2017/2018
|
Juli
|
500
|
1000
|
Agustus
|
1000
|
2000
|
September
|
5000
|
3000
|
Oktober
|
4000
|
6000
|
Nopember
|
1000
|
7000
|
Desmber
|
1000
|
1000
|
Januari
|
2000
|
1000
|
Pebruari
|
3000
|
2000
|
Maret
|
4000
|
4000
|
April
|
6000
|
5000
|
Mei
|
1000
|
6000
|
Juni
|
0
|
2000
|
Jumlah
|
28.000
|
40.000
|
B. Data Peminjam Dalam 2
Tahun Terakhir
BULAN
|
2016/2017
|
2017/2018
|
Juli
|
1500
|
1500
|
Agustus
|
3000
|
3000
|
September
|
5000
|
4000
|
Oktober
|
7000
|
6000
|
Nopember
|
8500
|
7000
|
Desmber
|
7000
|
6000
|
Januari
|
1500
|
1500
|
Pebruari
|
4000
|
3000
|
Maret
|
6000
|
6000
|
April
|
8000
|
8000
|
Mei
|
7000
|
7000
|
Juni
|
2500
|
2000
|
Jumlah
|
61.000
|
55.000
|
3.5 Rekapitulasi
Koleksi Buku
Rekapitulasi
koleksi buku SMP Negeri
--------------------------- terlampir
BAB IV
PEMBIAYAAN
A. Rencana
Anggaran Biaya Perpustakaan
1. Gedung
Tahun
|
Yang dilaksanakan
|
Biaya
|
2017
|
- Perbaikan lantai (Karpet)
- Pengecetan
|
Rp. 500.000-,
|
2018
|
||
Jumlah
Biaya
|
2. Isi
Gedung
No.
|
Barang
|
Jumlah
|
Harga
|
1.
|
Meja baca
|
5 x 1.250.000
|
Rp. 6.250.000-,
|
2.
|
Rak buku
|
2 x 4.450.000
|
Rp. 8.900.000-,
|
3.
|
Lemari buku
|
1 x 4.450.000
|
Rp. 4.450.000-,
|
4.
|
Komputer
|
2 x 3.450.000
|
Rp. 6.900.000-,
|
5.
|
AC
|
3 x 2.700.000
|
Rp. 8.100.000-,
|
Jumlah Biaya
|
Rp. 34.600.000-,
|
3. Koleksi
Buku
No.
|
Buku
|
Jumlah
|
Harga
|
1.
|
KBBI
|
10 x 398.000
|
Rp. 3.980.000-,
|
2.
|
Kamus B. Inggris
|
20 x 250.000
|
Rp. 5.000.000-,
|
3.
|
Kamus B. Sunda
|
20 x 75.000
|
Rp. 1.500.000-,
|
4.
|
Buku fiksi
|
200 x 53.000
|
Rp. 10.600.000-,
|
Jumlah Biaya
|
Rp. 21.080.000-,
|
BAB V
PENUTUP
Rencana kerja Perpustakaan ini merupakan
acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat
menjadi titik awal kemajuan perpustakaan sekolah. Peran serta semua pihak
sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Oleh sebab itu, diharapkan semua
pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka
merealisasikan berbagai program yang telah dibuat.
No comments